Sabtu, 04 April 2009

DARAH DAN FUNGSINYA

Darah merupakan bagian dari tubuh yang berperan penting dalam mempertahankan kehidupan. Darah dalam bentuk cair sehingga dapat didistribusikan ke seluruh tuh memalui pembuluh darah. Volume dalam tubuh bervariasi, pada orang dewasa volume darah sekitar 6 liter atau sekitar 7-8 % dari berat badan. Misalnya berat badan 50 kilogram, berarti volume darah berkisar antara 3,5 liter sampai 4 liter.
Darah terdiri dari komponen berbentuk dan komponen plasma. Komponen berbentuk kurang lebih 45% yang terdiri ari sel darah merah atau disebut eritrosit, sel darah putih atau disebut lekosit dan sel pembekuan atau disebut trombosit. 55% merupakan bentuk cair yang disebut sebagai plasma. Dalam plasma ii mengandung 90% air, sedangkan 10% merupakan bahan-bahan terlarut dalam plasma seperti albumin, globulin dan fibrinogen, karbohidrat, vitamin, hormon, enzim, lipid dan lain-lain.

Darah mempunyai fugsi yang bermacam-macam yakni

1. Fungsi tarnsposrtasi:
merupakan fungsi darah yang penting adalah mengangkut gas yakni mengangkut oksigen yang masuk dari paru-paru untuk dibawa seluruh ke jaringan tubuh manusia yang memerlukannya untuk bahan metabolisme. Metabolisme merupakan suatu proses pembentukan energy yang menghasilkan karbondioksida dan bahan-bahan lain sisa. Karbondioksida merupakan bahan yang berbahaya bagi tubuh sehingga perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Darah akan mengangkut karbondioksida ke paru-paru untukdibuang bersama hembusan nafas. Bahan sisa metabolism lain diangkut oleh darah ke ginjal untuk dibersihkan dari darah melalui proses penyaringan di glomerulus ginjal. Darah juga berfungsi mengangkut antibody dan lekosit yang berguna untuk melawan bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh melalui ke dalam tubuh.

2. Fungsi regulasi:
Darah mempunyai fungsi sebagai pengatur pH darah dan keseimbangan elektrolit, juga mengatur agar suhu atau panas secara merata diseluruh tubuh.

3. Fungsi distribusi:
Darah akan mendistribusikan nutrient yang diserab usus untuk dibawa ke organ-organ seluruh tubuh. Sebaliknya akan mengangkut nutrien yang berasal dari lemak, otot atau jaringan untuk dipergunakan oleh bagian tubuh yang lain.

4. Fungsi hemostasis
Darah mempunyai fungsi hemostasis yakni mencegah keluarnya cairan dari pembuluh darah dengan jalan menutup luka. Penutupan luka ini disebabkan adanya trombosit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar